Artikel Teknologi Informasi

Perkembangan Teknologi Komunikasi Dan Informasi 

di Masyarakat 

  1. Teknologi, diartikan sebagai penerapan ilmu pengetahuan dalam suatu bidang. Teknologi komunikasi merupakan suatu penerapan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan komunikasi.Komunikasi adalah upaya untuk menciptakan kebersamaan. Maka Teknologi komunikasi merupakan penerapan ilmu pengetahuan guna melancarkan upaya untuk mencapai kebersamaan dalam makna antar orang dalam masyarakat.
  2. Teknologi komunikasi merupakan proses yang selain kompleks juga meliputi banyak, (1986) mendefinisikan teknologi komunikasi sebagai alat perangkat keras, struktur organisasi dan nilai-nilai sosial yang digunakan untuk mengumpulkan,memproses dan mempertukarkan informasi dengan orang lain. Teknolohgi elektronika dewasa ini memungkin kita untuk menciptakan alat komunikasi apa pun yang kita idamkan,asal mau membayar biayanya.
  3. Perkembangan riset mengenai pebngaruh komunikasi menjadi makin menarik karena efek kombinasi,atau interaksi dari berbagai kompenen.
Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat

Perhatian secara sistematis terhadap komunikasi, termasuk media massa ,berapapun besarnya pengaruh pers tidak akan mampu berperan sebagai pengganti lembaga-lembaga (yang menopang demokrasi) Joseph Klapper mengatakan bahwa komunikasi massa tidak harus mutlak berkemampuan menjadi penyebab dari efek klahayak,  penelitian-penelitian mutakhir banyak yang menolak anggpan berlabihan mengenai kemampuan teknologi komunikasi dalam mempengaruhi atau membentuk sikap dan prilaku. Studi yang dilakukan robinson dan davis (1990) .

Hasilnya menunjukan bahwa televisi merupakan cara yang relatif kurang efektif untuk memperoleh informasi warta berita.



Kritik Terhadap Kebudayaan Massa

Teknologi komunikasi termasuk media massa, mempunyai kekuatan pengaruh yang besar, terutama meid pers yang dianggap terlalu berkuasa, yang dikontrol oleh orang-orang yang berkuasa pula. Memang benar kalau dikatakan bahwa pengaruh cukup besar, tetapi sifat dan besar kecilnya pengaruh inilah justru yang harus didefinisikan secara lebih berhati-hati. Khawatir, media masa dengan pengaruhnya yang demikian besar akan mencairkan bahkan menghancurkan kebudayaan tinggi atau halus. Berita-berita dan pandangan-pandangan yang kurang didukung bukti yang sahih, perilaku kejam dan cinta murahan serta politik kekuasaan yang sering disuguhkan secara luas dan beruntun oleh sebagian media massa.

Pandangan Makin Terfokus Secara Rinci

Isi komunikasi yang menekankan kejadian (event), berbeda pengaruhnya daripada isi komunikasi yang mementingkan sifat editorial atau interpretatif (penafsiran). Khalayak pun terdiri dari banyak segmen, masing-masin memberikan tanggapan dan sikap berlainan terhadap pesan yang sama. Hasil dari berbagai penelitian selama ini belum dapat memberikan penegsan secara konsisten mengenai pengaruh langsung dari teknologi komunikasi terhadap perubahan sikap atau perilaku. Hasilnya menunjukan bahwa sebagian pemilih, paling sedikit para pemilih yang belum dapat menentukan sikap atau keputusan terhadap berita pollitik yang berasal dari sumber. Jadi bukan hanya yang berasal dari sumber komunikasi masa yang disponsori oleh calonnya.


Pengaruh Dalam Situasi Abnormal

Efek teknologi komunikasi massa yang lebih luas dan menyangkut tidak hanya kognisi tetapi juga sikap dan perilaku khalayak dapat kita temukan barangkali hanya dalam situasi komunikasi dan kondisi sosial yang sangat khusus bahkan abnormal. Statsiun-statsiun radiol dikalangan masyarakat buruh pertambangan ini dikelola dan dibiayai oleh merka sendiri sebagai lembaga komunikasi massa yang berfungsi informasi pendidikan, hiburan, sosial bahkan politik.

Yang mereka siarkan bukan hanya warta berita, musik, drama, tetapi sering juga disisipkan pengumuman-pengumuman tentang rapat para pimpinan setempat,lulusan sekolah dan acara wisuda, olahraga, pertemuan dan pesta sosial.

Jadi, siaran radio sebagai satu perangkat teknologi komunikasi merupakan instrumen yang mutlak bagi kelangsungan hidup dan eksitensi masyarakat buruh pertambangan, dll.


Penerapan Teknologi Dalam Pendidikan

Dewasa ini tercatat sudah ada 377, 700 alat video tape (VCR) di 102,719 sekolah negeri dan swasta perguruan tinggi diseluruh negeri memiliki lebih dari 50.000 unit. Jumlah video tape sudah mencapai lebih dari 1,5 juta buah dan dipergunakan sebagai medium instruksional.

Momentun untuk aplikasi komputer dalam pendidikan sekolah terus meningkat. Asosiasi pendidikan nasional menegaskan komitmennya utuk menjadikan komputer sebagai bagian mutlak dari kurikulum dan pengelolaan pendidikan sekolah dengan maksud untuk merestruktur lingkungan pendidikan. Hampir separuh negara bagian mengharuskan pengajar komputer dalam program pendidikan guru, antara komunikasi dan edukasi (pendidikan) banyak persamaan dan titik temunya. Namun, perbedaan yang menyolok ialah, bahwa dalam wilayah oendididkan halayaknya jauh lebih terseleksi sehingga isi dan penyiarannya lebih fokus, sedangkan monitoring dan evaluasi merupakan siuatu keharusan (misalnya, ujian) dan diselenggarakannya mekanisme yang lebih efektif dengan frekuuensi jauh lebih tinggi.           

Teknologi Komunikasi Di Indonesia

 Hampir selama 20 tahun terakhir, teknologi komunikasi di Indonesia telah mencapai kemajuan yang sangat pesat, berkat pembangunan nasional. Kemajuannya ditopang dengan Satelit Palapa dan forum komuniikasi seperti kelompencapir. Namun tingakatannya masih rendah, upaya untuk meningkatkannya lebih tinggi dari keadaan sekarang tentunya tidak ringan karena kemajuan dan kemampuan teknologi komunikasi tidak terlepas dari kemajuan dan kemampuan ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi serta industri bangsa Indonesia.  Upaya untuk meningkatkanya lebih tinggi dari keadaan sekarang tidak ringan karena harus di imabangi dengan kemajuan ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi industri indonesia. Pengembangan teknologi komunikasi Indonesia masih berkisar pada aspek perangkat keras dan secara terbatas pada perangkat lunak. Namun ada beberapa hal positif dalam sistem komunikasi Indonesia misalnya Penggalakan Radio Swasta (Nasional), Pers atau surat kabar masuk desa. Menurut pendapat penulis, kehadiran tiga unsur komunikasi sangat penting dan merupakan potensi bagi tumbuhnya komunikasi timbal balik. Apakah prosesnya akan menciptakan komunikasi 2 arah yang berakar pada budaya dan aspirasi masyarakat, dan bisa mendorong khalayak untuk berfikir secara dinamis tentang rencana-rencana dan gagasan-gagasan yang relevan dan realistik baginya.



Pengaruhnya Terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat Indonesia


Prosese dinamika sosial terus berjalan,yang sebagian besar karena pembangunan itu sendiri,termasuk suguhan komunikasi informasi,dan pendidikan yang dengan gencar kita tayangkan melalaui berbagai media,

Dalam hubungan ini<teknologi komukasi dapat berbuat banyak,meskipun tidak dapat menyelesaikan permasalan,namun teknologi komunikasi dapat memaksimalkan,pengaruhnya bagi perubahan masyarakat secara positif,jika kita dapat menyusun agenda setting yang dinamis yang terbuka,dalam arti lain cukup peka dan resefti  terhadap aspirasi masyarakat yang terusa berkembang,dan terus mencari tujuan,dan bentuknya dia anggap paling relevan baginya.

Media komunikasi massa yang meskipun tetap hadir (prevalen) namun peranannya tidak pernah runtut tetapi selalu terputus-putus (intermittent) dan tidak pernah ada (dan tidak perlu) tuntas (exhaustive). Memang fungsi pokok media massa hanyalah memberikan penyadaran (awareness) dan pengetahuan awal. Bimbingan dan tuntutan para pemimpin formal dan informal secara demokratis, kekeluargaan dan terbuka, akan menciptakan jaringan komunikasi melalui jalur-jalur suprastruktur dan infrastruktur sosial dalam masyarakat kita yang berfungsi dengan baik dan efektif demi perubahan perilaku masyarakat yang kita inginkan. Komunikasi sosial yang tercipta karenanya, benar-benar akan merupakan komunikasi sosial yang terbuka,jujur, dan bertanggung jawab. Terbuka karena sudah dewasa, tidak takut perbedaan,tidak takut pada pikiran-pikiran yang berbahaya. Jujur karena sempat dikaji oleh kontrol dewasa yang terpercaya serta bertanggungjawab.  Proses dinamika sosial terus berjalan, serta daya kritis masyarakat terus bertambah, yang sebagian besar karena pembangunan itu sendiri, termasuk suguhan komunikasi informasi.            


Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat

Komunikasi sosial yang tercipta karenaya,benar benar akan meru[pakan,komuikasi sosial yang terbuka,jujur dan bertanggung jawab. erbuka karena sudah dewasa,tidak takiut pada perbedaan,tidak takut pada pikiran-pikiran berbahaya.jujur karena sempat di kaji oleh kontrol sosial,dewasa dan terpercaya.dan bertanggung jawab dalam arti memberikan kesempatankepada hal layak untuk,memberikan memeberikan pilihanya secara mandiri.

Peranan teknologi komunikasi yang sangat besar dan real agaknya tampak dalam bidang pendidikan.keterlibatan media komunikasi,baik media cetak ataupun elektronik,dalam pendidikan melahirkan,profesi teknologi pendididkan,yang berkembang dengan kuat,pesat dan sangat bergairah,di topang komitmen tinggi unjtuk meningkatkann pendidikan,serta mendukung stabiltas ekonomi ilmu dan teknologi,serta industri.

Masyarakat indonesia masih jauh dari statusnya sebagai masyrakat informasi,bahkan sebagian masyarakat masih belum bisa membaca.adanya teknologi komunikasi,di topang dengan teknologi elektronik,apalagi dalam keadaan yang terbatas,belum menjamin bahwa,sudah ada budaya informasi.

Teknologi komunikasi dapat memberikan perananya dalam perubahan,perilaku masyarakat indonesia,jika agenda setting media massa terintegrasi dan di topang oleh,sisitem dukungan sosial yang terbuka,dinamis dan di berikan kesempatan untuk ikut bertangungg jawab.

Comments

Popular posts from this blog

Cerpen Bencana Alam

Cerpen Terbaru

Macam-macam Puasa